Senin, 30 September 2013

teknik informatika atau sistem informasi ?

Sebuah pertanyaan simpel yang dapat membuat saya bingung untuk memilih mana yang terbaik dan mana yang paling cocok untuk saya. Memang dari SMP sampi SMK sedikit banyak saya tau dengan yang namanya komputer dan internet. Nah, setelah lulus dari SMK saya berniat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pada awalnya saya sih tidak sebingung ini, karena jurusan di SMK saya Akuntansi. ketika mendaftar disalah satu perguruan tinggi negeri yang ada di daerah saya, saya hampir memilih akuntansi. kemudian ada salah seorang teman kakak saya yang nyaranin di jurusan Teknik informatika atau nggak di sistem informasi saja, tanpa pikir panjang saya memilih jurusan Teknik Informatika (TI) sedangkan alternatifnya adalah jurusan Sistem Informasi (SI).
 

Lalu saya mencoba mendaftar di perguruan tinggi swasta. Disinilah kebingungan mulai melanda saya. Saya harus menentukan 1 pilihan dari kedua jurusan tersebut. Teknik Informatika atau Sistem Informasi? Entahlah saya bingung sekali dalam hal memilih jurusan yang tepat. Saya juga tidak tau letak perbedaannya dimana, antara jurusan Teknik Informatika dengan Sistem Informasi. Kata teman saya:

Jurusan Teknik Informatika itu sangat berat. Kamu harus pandai menggunakan logikamu. Dalam hal ini kamu harus menyukai pelajaran matematika. Algoritma adalah makanan kamu sehari-hari. Apabila kamu tidak menyukai pelajaran matematika sebaiknya jangan memilih jurusan Teknik Informatika.

Dan saudara saya pun juga mengatakan hal demikian. Saya disarankan untuk memilih jurusan Sistem Informasi saja. Sebab katanya jurusan Sistem Informasi itu lebih mengarah ke penerapan komputer untuk dunia bisnis dan manajemen. Dan kata orang-orang juga jurusan Sistem Informasi itu lebih ke pemograman.


Kalau ditanya saat ini saya mau memilih jurusan yang mana, saya memilih jurusan Sistem Informasi. Mengapa? Sebab, saya sudah memikirkannya matang-matang. Jujur saja dari dulu saya tidak begitu suka dengan pelajaran matematika. Berhubung Teknik Informatika itu menurut pengamatan saya juga cukup berat. Akhirnya saya memilih jurusan Sistem Informasi. Saya juga suka dengan program-program komputer apalagi sudah mencakup dengan dunia bisnis. Impian yang selalu saya dambakan dari dulu adalah semoga saya nantinya dapat menjadi salah seorang mahasiswa yang berprestasi dan sukses. Dan dapat membahagiakan kedua orang tua saya. serta tidak lupa menjadi ahli di bidang sistem informasi. Amin :)


Buat teman-teman yang juga merasa bingung mau memilih jurusan mana, semoga apa yang saya tulis ini dapat sedikit membantu menentukan mana jurusan yang paling tepat untuk teman-teman semua. Namun, jika dilihat-lihat jurusan Teknik Informatika itu tak seburuk apa yang dibayangkan. Tergantung sama pribadi kita masing-masing bisa/tidak menjalankannya. Semua pilihan tergantung di tangan kita. ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Copyright © Acshero Zero To Hero | Powered by Bye-Bye